Diskon Klik Gambar Ini

Alat Pemadam Kebakaran - Diskon Klik Gambar Ini

penyebab kebakaran hutan

Penyebab Kebakaran Hutan Yang Terjadi Di Indonesia

Kebakaran hutan menjadi satu peristiwa yang sering kali terjadi di negeri ini. Tentunya terjadinya kebakaran hutan ini menimbulkan banyak kerugian untuk beberapa daerah yang dekat dengan lokasi, bahkan jika kebakaran terjadi secara luas maka dampaknya bisa sampai ke negara tetangga.
Sebenarnya sudah banyak pencegahan yang dilakukan agar tidak lagi terjadi kebakaran hutan, namun hingga saat ini masih saja ada peristiwa kebakaran hutan dengan berbagai penyebab, entah itu karena ulah manusia atau karena faktor alam. Inilah yang hingga saat ini belum mendapatkan jalan keluar untuk membebaskan negara ini dari peristiwa kebakaran hutan. Nah inilah penyebab kebakaran hutan yang sering kali terjadi di wilayah indonesia.

Penyebab Kebakaran Hutan Karena Faktor Manusia


Seperti yang kita tahu memang beberapa penyebab kebakaran hutan yang terjadi selama ini karena ulah manusia. Pertama, karena pembukaan lahan yang dilakukan para masyarakat yang dekat dengan hutan.
Pembukaan lahan ini bertujuan untuk membuat pemukiman baru atau ladang baru untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun karena banyaknya jumlah hutan yang dibakar maka dampaknya sangat terasa karena asap yang dikeluarkan sangat banyak hingga merusak udara. Terlebih jika saat pembukaan lahan angin bertiup sangat kencang atau cuaca sangat panas sehingga api lebih mudah menyebar dan merembet ke hutan lain.
Penyebab kebakaran hutan kedua adalah karena adanya permasalahan antara masyarakat dan pemerintahan untuk memperebutkan lahan. Ini sangat sering terjadi pada beberapa hutan kelapa sawit yang banyak dikuasai pemerintah sedangkan mereka mengambil tenaga kerja dari luar sehingga masyarakat yang berada disekitar lahan merasa dirugikan. Bisa juga karena beberapa pihak tertentu yang bermaksud untuk menurunkan nilai jual lahan tersebut dengan cara membakarnya kemudian memberikan ganti rugi kepada masyarakat setempat dengan harga yang lebih murah.
Penyebab ketiga adalah karena bentuk protes masyarakat karena ada pihak yang mengambil alih kelapa sawit mereka. Karena rasa dendam mereka membuat lahan sawit yang telah direbut itu menjadi merugi dengan cara membakarnya sehingga pihak yang mengambil alih akan mengurungkan niat untuk mengambil lahan tersebut. Penyebab kebakaran hutan ini sangat sering terjadi di wilayah pedalaman yang masih kaya akan lahan sawit.
Penyebab kebakaran hutan keempat adalah karena tingkat pendapatan warga yang rendah sehingga mereka memutuskan untuk melakukan cara yang mudah, cepat dan praktis yaitu dengan melakukan pembukaan lahan yang nantinya akan dibuat kebun untuk bercocok tanam.
Kelima adalah lemahnya peraturan pemerintah akan larangan pembukaan lahan di wilayah pedalaman sehingga masyarakat menganggap pembukaan lahan menjadi hal yang legal dan tidak akan menimbulkan masalah.

Penyebab Kebakaran Hutan Karena Faktor Lain


Selain faktor manusia, faktor alam juga menjadi penyebab utama terjadinya kebakaran hutan. Pertama adalah karena adanya sambaran petir. Sambaran yang mengenai pohon yang kering akan menimbulkan percikan api yang akan membesar dan merembet jika terhembus angin.
Penyebab kebakaran hutan kedua adalah karena gunung meletus sehingga hutan terkena aliran lahar atau hawa panas yang menjadikan hutan terbakar dalam beberapa titik tertentu. Dan penyebab yang terakhir adalah karena terjadinya kebakaran dibawah tanah atau ground fire yang terjadi pada daerah tanah gambut yang akan menyulut kebakaran diatas tanah ketika musim kemarau yang sangat panas.
Itulah beberapa penyebab kebakaran hutan yang seiring terjadi di negeri ini. Penyebab alami sebenarnya sangat jarang terjadi, ulah manusialah yang sering kali membuat kebakaran hutan sehingga harus disadarkan sejak dini bahkan jika perlu diberi hukuman yang sangat berat untuk para pelakunya.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit